Pantai Padang punya keunikan lain selain pantai di Bali atau pantai pada umumnya di Indonesia yang terletak langsung di pinggir laut Samudera Hindia. Mempunyai batu yang disusun rapi sebagai pemecah ombak. Santai ke Pantai adalah pilihan yang sangat tepat untuk menghabiskan akhir pekan. Baik itu bersama keluarga, kerabat, kolega, sahabat atau pun pasangan anda. Tidak perlu berlibur jauh-jauh, negara kita yang kaya ini memiliki banyak sekali pantai eksotis yang sangat sayang untuk dilewatkan. Origami merpati merupakan salah satu keunikan dan kisah lain dari Pantai Padang.

Pantai Padang Mudah di Akses.

Pemandangan pantai Padang yang bisa dinikmati langsung dari jalan raya kota Padang. Keindahan luasnya Samudera Hindia terlihat lantang di depan mata ketika anda melewati Jln. Samudera yang dihiasi dengan batu grip yang bersusun tertata di sepanjang pantai. Hal ini menjadikan pantai Padang jadi objek paling gampang diakses jika anda sudah sampai di pusat Kota Padang. Posisi pantai yang berada sebelah Barat inipun sangat nyaman bagi anda bersantai bersama orang tercinta. Sembari menikmati sunset atau matahari terbenam. Pantai Padang merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kota Padang, baik untuk wisatawan lokal maupun tourist mancanegara.

Pantai Padang ini populer dengan nama Taplaw, kata yang disingkat dari Tapi Lawik(tepi laut) yang terletak pada kawasan perkotaan yang juga berada di pinggir pantai. Daerah ini termasuk dalam kecamatan Padang Barat yang membentang dari daerah Purus hingga Muara Batang Arau yang juga terkenal dengan Jembatan Siti Nurbaya-nya.

Sangat banyak pesona alam yang sayang dilewatkan jika anda ber wisata ke kawasan Pantai Padang. Tentunya karena pantai Padang memiliki keunikan dari pantai pada umumnya, batu grip adalah salah satunya. Bebatuan ini berfungsi untuk memecah ombak yang datang dari Samudera Hindia, benturan ombak ini menciptakan gemuruh yang menjadi pemecah suasana. Tidak jauh dari pantai ini anda bisa duduk santai menikmati angin yang berhembus sambil ber-selfi ria di sebuah bangunan tiang yang berbentuk origami yang dikenal dengan nama Tugu Merpati Perdamaian.

Tugu “Origami” Merpati Perdmaian

Pantai PadangTugu Merpati Perdamaian diresmikan oleh orang nomor satu di Indonesia, presiden Jokowi pada tanggal 12 April 2016 di taman Muaro Lasak kota Padang, Sumatera Barat. Rangkaian event peresmian monumen ini termasuk bagian dari latihan maritim  yang diikuti oleh berbagai Negara yang digagas TNI angkatan laut, disebut Multilateral Naval Exercise Komodo. Masing-masing dari tiap negara sebnyak 35 Negara mengikutsertakan aramada serta angkatan lautnya masing-masing.

Kegiatan MNEK 2016 ini ditutup pada tanggal 16 April 2016 di perairan Kepulauan Mentawai, Sumaetra Barat. Monumen tugu merpati perdamaian menjulang dengan tinggi  delapan meter . Desain monumen ini hampir sama dengan kertas origami yang menggambarkan perdamaian. Makna perdamaian itu tidak ada secara instan, namun didapat dengan melewati bergagai proses yang bertahap, dibentuk dengan penuh kesabaran  dan nilai ketekunan. Kemudian dibangunlah tugu merpati perdamaian ini yang dikenang sebagai simbol dari perdamaian Kota Padang.

Wisata dan Olahraga.

Selain pemandangan dan instagramable pantai Padang dengan Tugu Merpati Perdamaian-nya, tempat satu ini juga menjadi favorit bagi keluarga dan remaja pada Minggu pagi untuk sekedar jogging atau mengikuti senam pagi yang biasanya diselenggarakan oleh Pemkot maupun pihak swasta. Banyak jajanan ringan juga hadir disini secara tertib. Mulai dari kerupuk mie kuah yang disebut kerupuk Leak. Sampai makanan yang berat seperti ikan bakar laut atau yang disebut seafood ala masakan Padang. Olahraga dan wisata merupakan poin penting pantai Padang dan Tugu Merpati Perdamaian ini.