Danau BiruDanau biru saat ini banyak ditemukan di berbagai lokasi di Indonesia. Kebanyakan lokasi danau biru berasal dari bekas tambang, baik itu tambang timah, batubara dan tambang berjenis logam lainnya. Tidak ketinggalan Sumatera Barat, Kota Sawahlunto yang terkenal dengan sejarah tambangnya di masa pendudukan Belanda, juga mempunyai pesona baru daya tarik wisata yaitu danau biru.

Keindahan danau biru sangat sayang untuk anda lewati. Danau yang airnya berwarna biru  ini merupakan danau yang secara tidak sengaja terbentuk. Masyarakat sekitarpun tidak tahu secara jelas dari mana air yang jernih itu berasal.  Danau ini merupakan suatu cekungan bekas galian tambang batu bara yang lama kelamaan menjadi danau kecil yang indah mempesona.

Kota Sawahlunto  mulai memproduksi batu bara sejak tahun 1892. Seiring dengan itu, kota ini mulai menjadi kawasan pemukiman pekerja tambang, dan terus berkembang menjadi sebuah kota kecil dengan penduduk yang intinya adalah pegawai dan pekerja tambang. Peningkatan batubara ini bisa mencapai hingga ratusan ribu ton per tahun. Dengan begitu Sawahlunto  sangat mengandalkan batu bara sebagai sumber utama perekonomian, seiring dengan semakin  sedikitnya batu bara, bekas-bekas nya pun disulap menjadi objek wisata nan menarik.

VIRAL DANAU BIRU SAWAH LUNTO

Akhir-akhir ini di Media Sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path dan lain lain, dimuat berita atau gambar tentang keindahan Kota Sawahlunto yang satu ini. Yaa… Hastag danau biru pun menjadi viral di lini masa para pengguna media sosial. Danau Biru di kota Sawahlunto ini begitu menakjubkan sehingga sangatlah intagramable. Danau Biru atau Tamosu airnya benar benar berwarna biru dan sangat indah, sehingga danau ini bagaikan surga alam baru. Ditambah lagi dengan cuaca yang bersahabat, maka pemandangan tidak terhalang dan akan menikmati begitu lepasnya mata memandang ke alam yang terbentang hijau di sekitar daerah tambang.

 

Danau BiruDanau Biru Sawahlunto ini menyajikan pemandangan yang sangat mengagumkan. Air danau berwarna biru yang berpadu dengan pepohonan hijau di tebing tebing batu cadas. Fenomena yang cukup unik karena hampir semua danau bekas tambang air nya selalu berwarna biru. Sawahlunto sangat terkenal dengan berbagai objek wisata sejarah yang dikelola dengan baik oleh Pemerintah dan Dinas Pariwisata, dan dengan keindahan Danau Biru ini sebagai objek wisata di Sawahlunto tentunya akan semakin kaya dengan tambahan wisata alamnya.

AKSES MENIKMATI KEINDAHAN DANAU BIRU

Akses menuju Danau Biru ini berupa jalan terjal dan berbukitan yang berliku-liku. Danau yang berlokasi di Parambahan Kecamatan Talawi ini berjarak sekitar 13 kilometer dari pusat kota Sawahlunto, menuju ke arah Istana Pagaruyung yang berada di Kabupaten Tanah Datar. Pintu masuk menuju danau biru adalah Simpang Napa, Desa Tumpuak Tangah, kecamatan Talawi.

Untuk menemukan lokasi danau biru tidaklah sulit, jika anda sudah berada di sekitar Kota Sawahlunto, anda bisa bertanya pada penduduk lokal. Bagi masyarakat lokal danau ini sudah tidak asing lagi, karena hampir tiap hari ramai wisatawan lokal khususnya mendatangi danau biru untuk menjawab rasa penasarannya.

Anda juga penasaran? Tidak ada salahnya menjadikan planning wisata anda untuk mengunjungi Danau Biru Sawahlunto.