Pulau PagangPulau Pagang adalah surga wisata bahari yang termasuk wilayah Sumatera Barat. Pulau yang baru dibuka setelah tutupnya pulau Sikuai yang pernah menjadi favorit wisata bahari lokal dan mancanegara. Indonesia adalah Negara bahari yang terdiri dari banyak pulau dan Negara perairan yang diapit oleh dua Benua  dan dua Samudera. Dari beberapa banyak pulau sebagian pulau diantaranya dikelola menjadi tempat wisata alam. Begitu juga di Sumatera Barat, banyak sekali dijumpai pulau-pulau yang di jadikan tempat wisata alam. Salah satu yang menjadi destinasi favorit adalah Pulau Pagang. Tidak salah kalau pesona Pagang Island yang menakjubkan  ini sangat diburu wisatawan lokal maupun manca negara.

SNORKELING DAN FOTO UNDERWATER

Pulau PagangSalah satu yang paling digemari di Pulau Pagang ini adalah snorkeling. Kejernihan air dan terlihatnya karang dari permukaan membuat ikan berwarna cantik bisa dijumpai di pantai pulau ini. Keanekaragaman hewan laut pun bisa menjadi pesona tersendiri. Tidak perlu membawa alat snorkeling, anda bisa menyewa peralatan pada pengelola pulau, atau bisa juga se paket dengan foto underwater.

Foto underwater sangat digemari oleh para pengunjung, di bagian kanan dari dermaga pertama kali sampai merupakan spot terindah untuk melakukan aktifitas ini. Pulau PagangSelain banyak hewan lautnya, berfoto disini juga sangat instagamable terutama bagi yang aktif di medsos. Dengan menggunakan jasa fotografer dari team boat anda akan dipandu untuk berpose dibawah laut dengan menggunakan kamera waterproof atau anda bisa membawanya sendiri untuk hasil lebih memuaskan. Namun bukan berarti pemandu ini tidak memiliki keahlian dalam pengambilan foto. Setelah selesai anda juga bisa memninta soft copy nya untuk dipindahkan ke kartu memori atau flashdisk milik anda.

Selain snorkeling dan foto underwater, anda juga menikmati paket wahana air lainnya, seperti jetski, banana boat, bahkan anda yang hobi mancing mania bisa juga menyewa perahu untuk memancing sambil berkeliling pulau.

SURGA BAHARI DARI SUMATERA BARAT

Pulau PagangSurga pulau ini menyajikan sebuah hamparan permukaan air laut yang berwarna kolaborasi hijau dan biru atau dengan istilah kerennya aqua. Apalagi didukung dengan cuaca yang cerah, alam terbuka membuat pemandangan yang tiada bosannya. Hamparan pasir putih dan barisan nyiur pohon kelapa yang berjejer  indah di sepanjang pesisir pantai.

Pulau Pagang mempunyai luas sekitar 10 hektar dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk mengelilingi pulau ini. Pulau cantik yang memiliki berbagai daya tarik ini mempunyai kekayaan bawah laut yang belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Arus ombaknya juga tidak terlalu besar sehingga kita dapat merasa nyaman untuk ber snorkeling maupun hanya sekedar berenang menghabiskan waktu liburan.

 

SEKILAS TENTANG PULAU PAGANG

Pemberian nama Pulau Pagang dimulai dari sebuah legenda yang berkembang di tengah masyarakat. Yang mana nama pulau ini bermula dari kisah sebuah keluarga dalam sebuah kaum yang bermukim di kawasan Tarusan yang terletak di Pesisir Selatan. Keluarga ini mengalami konflik dalam sebuah kaum yang mengakibatkan beberapa keluarga tersebut terpisah dan sebagian keluarga ada yang menghindar keluar dari tarusan.

Mereka menuju Pulau Pasumpahan untuk bermukim dan bercocok tanam. Selang beberapa lama kemudian  keluarga yang bermukim di Pulau Pasumpahan tersebut berkembang dan sebagian dari mereka ada yang kembali ke Tarusan. Karena sudah terpisah jarak oleh lautan, akhirnya mereka membuat kesepakatan untuk berkumpul dan bertemu (berpagangan). Kemudian mereka memilih pulau tidak jauh dari Pulau Pasumpahan untuk mereka bertemu. Dari kisah inilah pulau ini diberi nama Pulau Pagang.

 

LOKASI PULAU PAGANG

Pulau Pagang berlokasi di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat dan berjarak kurang lebih 13 kilo meter dari pusat Kota Padang. Dari Kota Padang kita menuju Pelabuhan Bungus  anda bisa melewati jalan darat. Selanjutnya menggunakan transportasi air yaitu perahu (boat), sekitar 30 menit perjalanan air anda akan sampai di Pulau Pagang. Pulau Pagang juga sangat dekat dan berseberangan dengan Pulau Pamutusan.

BAGAIMANA CARA MENUJU PULAU PAGANG?

Pulau Pagang sangat mudah dicapai dari kota Padang, jika dari Airport Minangkabau International anda bisa melewati jalan darat melalui kota Padang, kemudian menuju ke arah Selatan melewati Teluk Bayur. Dilanjutkan menuju pelabuhan Bungus untuk menyeberang menggunakan boat untuk sampai ke Pulau Pagang. Jarak yang ditempuh dengan mobil kurang lebih 1 jam perjalanan. Dan jarak tempuh dengan boat hanya 30 menit saja. Anda bisa menggunakan jasa sewa kapal yang ada di Bungus ini. Perjalanan laut sangat nyaman karena anda hanya akan menelusuri pesisir saja, tanpa perlu ke tengah laut yang kita tahu adalah Samudera Hindia. Jika beruntung, anda akan melihat lumba-lumba yang melintas di perairan selama perjalanan ini.

Selain naik boat di Bungus, ada pilihan satu lagi menuju pulau Pagang, yaitu Tarusan. Disini anda juga bisa sewa kapal untuk menyeberang, namun anda akan lebih lama menempuh perjalanan darat karena Tarusan ini lebih jauh ke arah Selatan dan lebih dekat ke kota Painan. Pilihan ini direkomendasikan jika anda mengawali perjalanan dari kota Painan.

PENGINAPAN DI PULAU PAGANG

 

Pulau Pagang

Bermacam fasilitas anda bisa dapatkan disini, mulai untuk bersantai cafe, toilet dan kamar mandi, sampai penginapan yang berjenis cottage bisa anda dapatkan. Untuk listrik, pengelola pulau menyediakan generator diesel yang bisa di operasikan mulai sore hari sampai keesokan paginya. Untuk penginapan sendiri anda tidak akan merasa dirugikan, karena harganya sangat terjangkau dan tentunya mempunyai privasi yang jauh dari kebisingan dibanding dengan aktifitas anda sehari-hari yang bekerja di kantor dan bahkan di pusat kota besar.

Jika menginap disini, maka anda kan menikmati pemandangan sunset yang luar biasa, Pulau Paganganda bisa menikmatinya dari puncak bukit pulau dengan hanya berjalan sekitar 10 menit saja, matahari pun terlihat terbenam di tengah hamparan laut Samudera Hindia yang sangat luas. Kemudian keesokan paginya, anda bisa berjalan di sepanjang pinggir pantai dengan pasir yang putih dan air yang jernih. Pemandangan karang pun terlihat sangat jelas ke permukaan. Tidak salah jika Pulau Pagang merupakan wisata surga bahari Sumatera Barat.

Jangan sia-siakan waktu liburan anda, ayo wisata ke Pulau Pagang.