Pulau PasumpahanPulau Pasumpahan  sebenarnya adalah salah satu pulau yang tidak berpenghuni. Memilih wisata pulau juga akan memperkaya wawasan kita terhadap keindahan bumi Indonesia yang kita cintai ini. Dengan pergi ke tempat baru, tentu kita akan merasakan suasana baru yang berbeda pula. Terutama jika kita memperhatikan secara detail serta berinteraksi dengan manusia dan alam. Sumatera Barat terkenal dengan kulinernya, namun potensi wisata akhir-akhir ini terus dikembangkan oleh masyarakat dengan dukungan pemerintah daerah yang diterapkan melalui pembangunan infrastruktur. Salah satunya yang happening adalah wisata pulau Pasumpahan.

Pulau Pasumpahan sudah dikunjungi oleh wisatawan lokal dan turis mancanegara. Para pengunjung yang datang untuk kategori wisatawan lokal Indonesia didominasi oleh Sumatera Utara dan Riau, mengingat ada keterkaitan karib kerabat dan perantau yang menetap di kedua daerah tersebut. Riau sendiri seperti kita tahu adalah provinsi yang paling gampang diakses jika dari atau ke Sumatera Barat.

SEJARAH PULAU PASUMPAHAN

Pulau Pasumpahan dengan alam yang menakjubkan ini memang terdengar seperti sebuah pulau dengan suatu ikatan sumpah. Nama Pasumpahan sendiri memang diambil dari kata “sumpah”. Namun ada beberapa versi rumor yang beredar di tengah masyarakat terkait asal-usul Pulau Pasumpahan ini. Ada yang mengatakan legenda Si Boko anak durhaka yang ceritanya lebih mirip dengan legenda Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang. Namun ada juga warga sekitar yang menyebut pulau Pasumpahan ini adalah jelmaan dari Malin Kundang itu sendiri. Dari berbagai rumor tersebut, fakta yang ada sekarang adalah pulau ini memenuhi ikrarnya sebagai anugerah terindah bahari dari Tuhan Yang Maha Esa. Yang kita semua berhak untuk menikmatinya dan wajib menjaga kelestariannya.

LOKASI PULAU PASUMPAHAN

Pulau Pasumpahan berada di perairan kecamatan Bungus Teluk Kabung kota Padang provinsi Sumatera Barat. Pulau ini mulai dikenal beberapa tahun terakhir karena unggul dengan kecantikan serta kenyamanannya. Terletak disebelah barat pulau Setan kecil yang bisa ditempuh dengan waktu 10 menit dari pelabuhan kecil Sungai Pisang. Menuju Sungai Pisang ini kita menggunakan jalur darat yang berjarak 15 kilo meter dari pusat kota Padang. Jalur lain bisa juga dari Bungus Teluk Kabung. Sementara pulau Sikuai yang dulu pernah terkenal hanya berjarak 200 meter dari pulau Pasumpahan. Jika anda memilih paket wisata pulau, biasanya anda akan di antarkan ke pulau Pasumpahan pada sore hari sebelum kembali ke Padang. Setelah terlebih dahulu anda dimanjakan dengan keindahan menakjubkan dari Pulau Pagang dan Pulau Pamutusan.

DAYA TARIK MEMUKAU PULAU PASUMPAHAN

Meskipun belum ada hotel di pulau Pasumpahan. Namun daya tarik pulau satu ini sangat memukau dengan aneka ragam aktifitas seru yang bisa dilakukan. Karena kecantikan pulau ini, tentu saja menjadi moment yang tidak bisa terlupakan. Tidak hanya para wisatawan saja, tetapi para investor juga tengah mengincar pulau ini beserta pulau kecil disekelilingnya seperti Pulau Sirandah yang kabarnya mendatangkan investor dari gabungan beberapa negara. Pulau Pasumpahan ini mempunyai luas sekitar 5 hektar dan mempunyai hamparan pasir putih yang berpadu dengan air laut yang jernih. Ada hal menarik disini, bentuk permukaan laut pulau ini seperti terbagi jadi tiga bagian warna air, warna bening di bagian tepi, warna hijau di depannya dan agak berwarna biru ke bagian tengah. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kedalaman dan keanekaragaman ekosistem laut di sekitar pulau.

Pulau PasumpahanPohon kelapa yang tumbuh subur di pulau Pasumpahan membuat kenyamanan sendiri sambil duduk santai atau mendirikan kemah, mungkin juga hanya jalan-jalan di sepanjang pantai.

DIVING DAN HIKING

Potensi wisata bawah laut wisata  bahari di pantai barat kota Padang adalah kawasan dengan ekosistem terumbu karang yang terdapat hampir di setiap pulau. Selain dari berbagai jenis terumbu karang, bermacam jenis ikan karang atau ikan hias juga sangat menarik untuk dinikmati oleh wisatawan. Karena airnya yang cukup tenang, anda bisa berenang mengelilingi pulau dengan waktu 2 jam. Untuk anda yang punya hobi diving, banyak lokasi penyelaman disekitar pulau Pasumpahan yang sudah mulai dipasarkan kepada wisatawan antara lain pulau Sironjong, pulau Ular, pulau Sirandah dan pulau Pandan.

Bagi yang suka hiking, anda juga bisa mendaki salah satu tebing di sisi pulau untuk sampai ke puncak Pamutusan  dan bisa melihat pulau lainnya yang sangat berdekatan. Namun disarankan bagi yang takut ketinggian dan sulit untuk memanjat tebing sebaiknya tidak memilih aktifitas yang satu ini.

Bagaimana, anda tertarik bukan ? Segera kemasi barang barang anda, ajak keluarga, sahabat atau pacar anda untuk menikmati pesona pulau Pasumpahan. Dan buat ikrar versi anda sendiri untuk tetap menjaga alam yang senantiasa memberi keindahan untuk kita semua.