Pulau PamutusanPulau Pamutusan adalah salah satu pilihan terbaik bagi anda yang kebingungan memilih tempat liburan untuk mengisi akhir tahun. Baik bersama keluarga, rekan kerja, maupun sekedar menyendiri melepas kepenatan dari aktifitas pekerjaan yang menyita banyak waktu anda. Seringkali jam kerja yang padat menimbulkan tekanan tersendiri bagi seseorang. Tentu saja hal ini membuat bathin anda tertekan luar biasa dan butuh rileks sejenak. Referensi akhir tahun yang patut anda coba adalah wisata Pulau Pamutusan.

Indonesia menyimpan ratusan bahkan ribuan tempat yang indah yang bisa memanjakan para wisatawan. Semuanya siap untuk anda coba dan jelajahi. Salah satu daerah yang kaya akan tujuan wisatanya adalah Sumatera Barat, orangnya yang ramah, pelayanan yang baik dan tempat wisata yang ditawarkan sangat banyak variasi. Akhir tahun merupakan salah satu momen tepat bagi anda yang ingin mencoba hal baru, yaitu wisata pulau. Tidak rugi rasanya jika anda memutuskan untuk menyambangi pulau kecil yang eksotis ini.

Pulau Pumutusan mungkin sedikit baru dalam agenda wisata di Indonesia. Nama yang sedikit sakral dan bisa banyak arti membuat penasaran bagi anda yang ingin tahu arti dan sejarah pulau yang bisa dibilang “perawan” ini.

SEJARAH PULAU PAMUTUSAN

Pulau PamutusanPulau Pamutusan mempunyai luas 8 hektar dengan tumbuhan subur dan memiliki puncak bukit ditengah pulau. Nama Pamutusan diambil dari bahasa Minang sebagai bahasa suku dari Sumatera Barat, yang artinya “terputus”. Bermula dari sejarah daratan Pesisir Selatan yang luas membentang yang dulunya menyatu dengan Pulau Pamutusan ini. Kemudian dengan adanya air pasang, maka semenanjung sebagai penghubung daratan ini pun tenggelam dan terputus antara daratan satu dengan yang lainnya.

Akhirnya dinamakanlah daratan yang terpisah atau terputus ini dengan nama Pulau Pamutusan. Penguhubung dari daratan ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat halus dan bersih. Disaat air pasang semakin tinggi maka akan terlihat Pulau ini seakan benar-benar terputus dan terpisah dari Pulau Sumatera.

CARA KE PULAU PAMUTUSAN

Pulau Pamutusan ini terletak tidak jauh dari Bungus Teluk Kabung, Padang Sumatera Barat. Bisa ditempuh dari kota Padang dengan waktu kurang lebih 60 menit via jalur darat menggunakan mobil. Bagi anda yang sudah mengenal Pulau Pagang , jarakny antara dua pulau ini sangat dekat dan berseberangan. Anda bisa langsung singgah atau hanya sekedar melintas dan melihat sekelilingnya, namun sayang kalau pulau ini sampai anda lewatkan. Untuk sampai ke Pulau Pamutusan, anda hanya perlu sewa boat dari Bungus dengan harga terjangkau. Tersedia juga pilihan paket wisata bagi anda yang tidak ingin direpotkan dengan tiket masuk atau makan siang serta coffee break. Dari pantai Bungus, anda akan menyusuri pesisir laut dengan air yang tenang, karena perairan ini tidak terlalu dalam. Perjalanan dengan boat ditempuh kurang lebih 30 menit.

Alternatif lain adalah dengan menyewa boat dari Sungai Pisang, sebuah daerah kecil di pingir pantai  sebelah Selatan dari Pantai Bungus. Pilihan ini mungkin lebih cocok bagi anda yang menggunakan sepeda motor, karena jalan menuju ke Sungai Pisang ini masih belum memadai dan bisa dibilang ekstrim. Dari pulau Pamutusan ini anda juga bisa melanjutkan perjalanan laut untuk menikmati pesona sore hari yang memukau di Pulau Pasumpahan.

SURGA TERSEMBUNYI PULAU PAMUTUSAN

Pulau PamutusanPulau Pamutusan ini terkenal dengan julukan surga tersembunyi. Ini sesuai fakta yang ada, karena bisa dibilang pulau ini masih belum dijamah oleh banyak wisatawan. Tumbuhan serta pepohonan yang hijau dan subur membuat pulau ini seperti emas hijau di tengah lautan. Ditengah pulau terdapat bukit sebagai puncak dimana anda akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan yang menyeluruh ke sekeliling pulau, laut yang luas serta deru angin sepoi-sepoi yang dengan lembut akan membuat anda terasa nyaman. Dari atas puncak bukit inilah lokasi favorit bagi setiap wisatawan untuk berfoto ria dengan background semenanjung  penghubung pulau ini.

FASILITAS DI PULAU PAMUTUSAN

Untuk fasilitas pendukung wisata anda tidak perlu khawatir meskipun masih tergolong baru. Mulai dari toilet umum, gazebo, bangku untuk bersantai, banana boat, serta  hammock sampai rumah pohon sudah bisa anda jumpai disini yang akan membuat anda betah dan ingin berlama-lama di Pulau Pamutusan ini. Anda juga bisa menyewa tenda atau membawa perlengkapan sendiri untuk menikmati kegiatan camping.

Mengingat segala keindahannya maka sangat pantaslah jika pulau ini masuk kedalam daftar tempat wisata Sumatera Barat yang wajib anda kunjungi. Apalagi di akhir tahun, merupakan moment yang sangat tepat bagi anda menghabiskan waktu liburan ke surga tersembunyi Pulau Pamutusan.