Lembah Harau ResortLembah Harau Resort merupakan wisata alam yang eksotis dan alami. Terbagi dengan 3 resort, yaitu Resort Sarasah Bunta, Resort Aka Berayun, dan Resort Rimbo Piobang. Keindahan alam disini menyajikan tidak hanya pesona alam pada umumnya.

Mulai dari pemandang sawah dan tanah yang subur, sampai dengan tebing curam yang membentang luas di sepanjang Resort Lmebah Harau. Tebing curam ini bukanlah tebing biasa, melainkan tebing yang terbuat dari bebatuan terbentuk secara alami. Tidak jarang bebatuan ini menjadi tujuan favorit para pemanjat. Bahkan mereka menjuluki Lembah Harau adalah Yosemite-nya Indonesia.

Sejarah Lembah Harau

Lembah Harau ResortLembah Harau selain tempat wisata yang diminati banyak masyarakat baik dalam wilayah Sumatera Barat maupun berasal dari daerah lain di Inonesia. Sejak tahun 1926 Lembah Harau sudah banyak dikunjungi. Ini dibuktikan dengan peninggalan Belanda di salah satu air terjun yang dikenal dengan Sarasah Bunta. Sarasah Bunta sendiri sudah dibuka pertama kali pada tanggal 14 Agustus 1926 oleh seorang Asisten Residen Lima Puluh Kota, yang bernama F. Rinner bersama denganTuanku Laras Datuk Kuning Nan Hitam dan Asisten Demang Datuk Kodoh Nan Hitam. Prasasti ini mengisyaratkan sebagai tanda keindahan dari air terjun Sarasah  Bunta.

 

Rute menuju Lembah Harau.

Lembah Harau bisa dikunjungi dengan rute yang sangat mudah. Terletak di Kabupaten Limapuluh Kota, berjarak 2 km dari ibukota kabupaten, Sarilamak. Jika dari arah Pekanbaru tidak lebih dari 20 menit setelah melewati jembatan mega proyek Kelok 9. Tidak butuh jalan kaki untuk sampai di Lembah Harau Resort ini, karena infrastruktur dari pemerintah setempat sudah  sangat memadai. Dengan jarak tempuh kurang lebih 90 menit dari Kota Bukittinggi melewati pusat Kota Payakumbuh. Dan jika dari Padang bisa ditempuh dengan melewati Kota Padang Panjang dan Bukittinggi.

 

Aktifitas menarik dan menantang di Lembah Harau Resort.

Lembah Harau Resort

Panjat tebing tidak asing lagi bagi peminat olah raga ekstrim satu ini, bahkan sudah banyak pendaki luar negeri yang menaklukkan tebing batu yang curam. Namun jika dianggap terlalu ekstrim, kita bisa juga menikmati keindahan tebing nya sendiri dengan mengabadikan dengan kamera.

Berjalan di pematang sawah-pun bisa jadi suatu yang berkesan, karena sawah disini yang berada di tengah tebing yang mengelilingi kawasan Lembah Harau. Sawah disini tidak berjenjang, sangatlah gampang untuk berjalan atau sekedar melihat-lihat dengan tidak melupakan jepret-an dari kamera.

 

Lembah Harau Resort

Salah satu spot foto yang di incar di Lembah Harau ini adalah tepat berada diantara dua tebing yang mengapit di kiri dan kanan. Dengan background pemandangan sawah yang subur dibelah oleh sungai kecil sebagai sumber irigasi oleh para petani.

Tidak hanya one day trip, kita bisa juga bermalam di Lembah Harau Resort. Dengan biaya terjangkau kita bisa menginap di beberapa pilhan homestay yang berada tersebar di Resort Lembah Harau. Tentunya dengan cuaca sejuk karena secara geografis letaknya sangat jauh dari pantai. Dan memiliki tanah yang subur dan makmur untuk para petani yang bermukim di sekitar Lembah Harau Resort.