Wisata ke Padang tentu tidak lepas dengan kuliner. Sehingga tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia untuk mengenal masakan yang berasal dari Padang. Meskipun dijamin banyak keindahan alam Sumatera Barat lainnya. Padang merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Barat. Yang mana banyak hal berbeda dibanding kota lain di Indonesia pada umumnya.

Wisata Ke Padang Yang Variatif

Wisata ke Padang sangat variatif, ini dapat dibuktikan dengan letak geografis provinsi Sumatera Barat yang saling membaur antara pegunungan, laut  dan dataran rendah. Bukit Barisan adalah pegunungan yang terhampar hampir sepanjang pulau Sumatera. Ditambah dengan wilayah Barat Indonesia yang berbatas langsung dengan Smudera Hindia, menjadikan Padang tempat dimana daerahnya langsung menuju ke laut lepas. Berbea dengan daerah pinggir laut dari Timur Indonesia yang masih bisa dibilang landai dan tidak begitu dalam.

Ada 3 keunikan yang bisa dibilang aneh jika kita berkunjung atau wisata ke Padang, dan  dijamin anda tidak akan menemukan hal berikut ini;

  1. Swalayan Waralaba.

Wisata ke PadangBagi wisatawan yang suka bepergian ke berbagai daerah di Indonesia, tentunya setibanya di airport dan mau membeli sesuatu seperti cemilan atau mineral water pasti akan mampir di swalayan atau minimarket waralaba (franchise), sebut saja  INDOAPRIL. Sebagaimana kita ketahui di kota-kota besar seperti Jakarta. Swalayan waralaba ini sangatlah menjamur berdekatan dan seperti selalu bersaing dimana mereka membuka cabang. Hal ini tidak akan ditemukan di Padang. Bahkan di dalam wilayah Provinsi Sumatera Barat. Hal ini terjadi karena pemprov tidak memberi izin untuk waralaba tersebut. Mengingat latar belakang orang Padang. (bahkan ada yang mengatkan kalau singkatan dari Padang itu sendiri adalah pandai dagang). Nanti akan dikhawatirkan akan mematikan usaha menengah maupun kecil di dalam masayarakat Sumatera Barat.

  1. Terminal Angkutan Umum

Wisata ke PadangTerminal hampir ada di setiap kota di Indonesia. Mungkin tidak ada pengaruhnya bagi turis yang wisata ke Padang, tapi ini pemandangan terasa unik dan aneh. Pada saat ini di Kota Padang tidak memiliki satupun terminal untuk kendaraan umum, dalam kota maupun antar provinsi. Jadi tidak heran jika pemandangan jalan raya di Kota Padang banyak dihiasi oleh angkutan yang ngetem di sembarang tempat. Hal ini bukan berarti Kota Padang tidak pernah punya terminal, tapi karena pembangunan juga terminal dipindah, namun tidak banyak yang bersedia pindah ke tempat yang jauh diluar kota.

  1. Rumah Makan Padang.

wisata ke padang

Di tahun 2011, Rendang atau Randang ditetapkan menjadi peringkat pertama daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International.

Bagi para wisata-wan yang berkunjung ke Padang, tentunya mereka menganggap belum ke Padang jika belum mencicipi makanan satu ini. Siapa yang tidak doyan dengan Nasi Padang, menu satu ini tentunya sangat cocok untuk semua umur, kecuali balita ya?(joke 🙂 ). Untuk mendapatkan Nasi Padang tentunya di Rumah Makan Padang. Namun tempat satu ini tidak bakal kita temukan di Padang. Begitu juga dengan kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat. Dengan berbagai alasan, mulai dari yang serius dan logis sampai alasan guyonan pun beredar dalam opini masyarakat. Diantaranya karena semua orang tau kalau sudah berada di Padang. Alasan lainnya yaitu semua warung makan maupun restoran yang berada di Padang dianggap warung Padang. Jika ada yang bukan masakan Padang maka mau tidak mau mereka harus meng-indikiasikan warung/restoran mereka dengan menuliskan asal masakan mereka.

Mari wisata ke Padang untuk membuktikannya, tentunya masih banyak hal lain yang menanti anda. Salam traveller.