Danau ManinjauSaat kita berada di Sumatera Barat, pilihan wisata terbaik adalah Danau Meninjau. Danau ini memiliki pemandangan indah saat pagi hari dan sore hari. Pemandangan dan suasana sangat tenang sehingga tempat ini menjadi andalan para wisata. Danau Meninjau memiliki Keindahan alam yang terangkum lengkap di tanah Sumatera.

Gunung yang menawan dan mengagumkan, hiasan kontur alam berupa danau serta perbukitan. Di ketinggian gunung, kamu bisa menikmati keindahan Danau Maninjau yang memukau. Danau Maninjau adalah sebuah danau vulkanik dengan ketinggian kurang lebih 460 meter diatas permukaan laut.

Danau ini memiliki luas 100 km persegi dengan kedalaman rata-rata 105 meter. Tertulis dalam sejarah danau ini terbentuk oleh erupsi vulkanik dari Gunung Sitinjau. Selain keindahannya danau yang memukau. Tempat ini menjadi sejarah tokoh-tokoh nasional Buya Hamka dan Rangkayo Rasuna Said.

Dari pengalaman saya yang telah berwisata ke Danau Maninjau memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap kamu bisa lihat selengkapnya di bawah ini.

Fasilitas Untuk Para Wisata Danau Maninjau

Terdapat beberapa penginapan di sekitaran area danau. Kamu bisa memilih sesuai dengan budget, mulai dari penginapan biasa hingga hotel. Air danau meninjau sangat jernih. Di pagi hari kamu akan melihat banyak embun di sekitaran danau. Udara sangat bersih dan sejuk di siang hari. Saat siang sangat cocok untuk menikmati berbagai kuliner khas Sumatera Barat.

Danau ManinjauDanau Maninjau dikelok 44 area ini juga populer saat perjalan menuju lokasi. Kamu bisa menikmati pemandangan danau tersebut dari ketinggian. Sehingga akan menghasilkan panorama yang luar biasa indah nya.

Taman Wisata Muko-muko lokasi berdekatan dengan PLTA. Tempat ini menyajikan berbagai keindahan alam Sumatera Barat. Selain itu tersedia fasilitas arena untuk bermain anak, taman rekreasi, temapat ibadah dan pulau legenda. Hembusan angin yang sejuk sehingga cocok untuk menenangkan pikiran sejenak dan menambah wawasan.

Lain dari tempat tersebut ada tempat istimewa yaitu Puncak Lawang. Puncak Lawang memiliki spot foto yang menakjubkan. Dari ketinggian kamu bisa melihat pemandangan indah danau meninjau di sertai dengan awan di sekitaran bukit. Puncak Lawang juga di kenal menjadi tempat terbaik untuk menikmati panorama. Tidak hanya itu, puncak lawang juga sering mengadakan event Paralayang bertaraf Internasional.

Air Danau Maninjau.

Danau ManinjauJika di lihat dari atas puncak lawang akan terlihat kebiruan. Namun semua itu tergantung dari cuaca, jika saat cerah, kamu sangat beruntung ke tempat ini. Karena akan menikmati pemandangan yang sangat luar biasa bagus. Saya sangat menyarankan untuk datang dari jam 9 sampai 10 pagi. Jika terlalu siang atau terlalu pagi kawasan ini akan tertutup kabut. Namun jangan jadikan patokan, karena cuaca sebenarnya tidak bisa di perkirakan dengan tepat.

Belum selesai.

Masih ada tempat yang cukup populer di sekitaran Danau Maninjau yaitu Kampung Anto. Dari warung kopi saya tahu, informasi tersebut. Mau cari gosip janda baru sampai ngomongin quickcount yang ngawur semua ada. Orang Minang ternyata pada ramah baru saya Ngobrol sekitaran 10 menit. Berasa mereka seperti kenal sudah lebih dari 10 tahun. Karena sudah siang saya langsung bergegas langsung ke tempat tersebut.

Tiba di Kampung Anto pas sekali pinggiran Danau Maninjau, saya baru pertama kali melihat begitu banyak nya pohon durian. Durian disini jumlahnya hampir ribuan. Jika kamu ingin berburu durian, tidak ada salahnya berkunjung kesini. Pengalaman memungut durian jatuh dan langsung bisa di santap sangatlah luar biasa. Setelah mendapatkan durian, tidak lama kemudian saya langsung bergegas membelah durian tersebut. Sempat ragu, karena takut kecewa seperti kurang matang, busuk, dll.

Saat saya membelah durian tersebut aroma mulai tercium aroma wangi pandan membubung yaitu aroma durian khas. 1 ruas durian langsung happ!! Alhasil saya baru pertama kali menikmati durian se-lezat ini. Jangan tanya soal harga pasti sangat murah. Urusan mencicipi di kasih gratis.

Dari pengalaman saya di atas, memang masih banyak tempat lain yang belum saya kunjungi. Soal suasana yang di dapatkan oleh saya, begitu juga dengan wawasan. Tempat ini menjadi pengalaman berharga untuk saya. Pastinya, suatu saat akan berkunjung lagi ke tempat ini. Di sisi lain saya juga memiliki kepuasan. Karena harga liburan menjadi lebih irit di bandingkan harus ke luar negri. Penduduk di sana sangat ramah dan menghargai tamu.

Betah dan ingin berlama-lama.

Danau Maninjau memiliki suasana sangat tenang. Terdapat banyak pilihan kuliner dan wisata. Ada rasa lainnya sangat sulit untuk di ungkapkan. Sebuah rasa amat sangat dalam, hanya diam yang mampu menggambarkan rasanya. Pesan untuk saya jangan sesekali kamu membuang sampah sembarangan. Letak Danau Maninjau juga hanya berjarak sekitar 17 km dari Kota Bukittinggi, yang mana menempuh perjalanan dengan alam hijau yang memukau.

Kita jaga alam yang indah ini di mulai dari diri kita sendiri.